Friday, August 24, 2012

Manfaat Pisang



Berbagai manfaat kandungan pisang
Pisang adalah buah dengan kandungan gizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Kandungan gizi dalam satu buah pisang antara lain berupa kalori sebesar 99 kalori, karbohidrat sebesar 25,8 mg, serat 07 gram, kalsium 8 mg, fosfor 28 miligram, zat besi 0,5 mg, vit C 3 mg, Vit A 44 RE, Vit B0.08 mg, protein 1.2 gram dan air 72 gram.

Kandungan pisang yang sangat lengkap dari mineral, protein, vitamin, karbohidrat, serat dan air menjadikan buah yang satu ini menjadi buah favorit para atlet untuk menambah tenaga saat pertandingan. Seseorang yang mengkonsumsi hanya buah pisang saja dalam satu hari, sebenarnya sudah tercukupi kebutuhan gizinya secara minimal.

Selain kandungan gizi yang begitu komplit, ternyata pisang juga memiliki berbagai manfaat , antara lain :

Sebagai sumber tenaga
Kandungan karbohidrat dalam pisang sangat mudah dicerna dan cepat diubah menjadi energi oleh tubuh. Hal ini biasa dimanfaatkan oleh olahragawan untuk memulihkan stamina mereka disaat bertanding atau sesudah berlatih keras.

Kandungan pisang untuk penderita anemia
Kandungan zat besi yang tinggi akan saangat membantu pembentukan sel darah merah bagi penderita anemia atau kurang darah. Cukup mengkonsumsi 2 buah pisang per hari sudah mencukupi kebutuhan zat besi bagi penderita anemia.

Manfaat kandungan pisang untuk ibu hamil
Asam folat yang terdapat pada pisang sangat baik untuk perkembangan janin. Asam folat akan sanagt mudah diserap janin dalam kandungan melalui rahim. Namun disarankan bagi ibu hamil untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi pisang karena memiliki kalori yang tinggi sehingga dikhawatirkan janin dalam kandungan akan terlalu aktif.

Manfaat Pisang untuk penderita gangguan lambung
Pisang yang dicampur dengan susu sangat baik dikonsumsi penderita tukak lambung karena mampu menetralkan asam dalam lambung sehingga rasa perih akibat luka dinding lambung yang terkena cairan asam bisa berkurang. Selain itu, serat yang tinggi dalam kandungan pisang juga akan sangat membantu memperlancar pencernaan.

Manfaat pisang bagi penderita lever atau Hepatitis
Penderita lever disarankan mengkonsumsi pisang yang dicampur dengan madu untuk menambah tenaga. Karena sifat karbohidrat dalam kandungan pisang yang mudah dicerna dan diubah menjadi energi akan meringankan tugas lever sehingga memberi kesempatan organ hati untuk memperbaiki diri.

Manfaat daun pisang bagi penderita luka bakar
Caranya adalah dengan membakar daun pisang sampai menjadi abu kemudian dicampur minyak kelapa dan dioleskan pada kulit yang terluka bakar. Insya Allah akan memberikan efek rasa dingin pada kulit.

0 comments:

Post a Comment